Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)

Posting Komentar
Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb). Sebelum menjelaskan bagaimana pemeriksaan hemoglobin, biasanya dibahas penjelasan singkat tentang Hemoglobin. Baik, Kami kutip dari https://andarupm.co.id/, Nama Hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin

Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)
Rak tabung pemeriksaan hematologi analyzer | https://jacksonurgentcare.com/

Heme adalah gugus prostetik yang terdiri dari atom besi, sedang globin adalah protein yang dipecah menjadi asam amino. Hemoglobin adalah senyawa senyawa pembawa oksigen pada sel darah merah. Hemoglobin dapat diukur secara kimia dan jumlah Hb/100 ml dapat digunakan sebagai indeks kapasitas pembawa oksigen pada darah. 

Cara Pemeriksaan Hemoglobin (Hb) Darah

  • Penetapan Kadar Hemoglobin Metode Cupri Sulfat

pemeriksaan hemoglobin hb metode cupri sulfat
Cupri sulfat Hema Ardi | https://www.academia.edu/

Pemeriksaan hemoglobin (hb) dengan metode cupri sulfat diketahui merupakan metode pemeriksaan hemoglobin paling awal diketahui untuk menentukan kadar hb dalam darah. Pemeriksaan kadar hemoglobin (hb) metode cupri sulfat biasanya sering kita lihat pada proses sebelum melakukan donor darah. 

Proses pemeriksaanya, jari yang sudah diberi antiseptik kemudian dilakukan penusukan oleh lancet. Kemudian, darah akan dihisap oleh pipet kapiler dan akan di teteskan ke cairan cupri sulfat. Setelah itu, akan dilihat apakah tetesan darah tersebut mengambang, berada di tengah atau langsung mengendap kebawah. 

  • Pemeriksaan Kadar Hemoglobin Metode Sahli

Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)
Hb Meter Sahli | www.duniamedica.com

Pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) menggunakan metode sahli masih banyak digunakan di laboratorium klinik kecil dan juga beberapa puskesmas karena metode ini lebih baik dari metode sebelumnya. Jika dibandingkan dengan metode yang saat ini sudah berkembang, tentunya metode sahli juga memiliki banyak kelemahan. 

Prosedur pemeriksaannya, siapkan spesimen yang sudah ditambah EDTA. Darah dipipet oleh pipet khusus yang direaksikan dengan HCL, penambahan tersebut akan berubah warna yang akan dibandingkan dengan warna standar. Banyak kesalahan pemeriksaan hb metode ini karena interpretasi setiap pembacaan warna akan berbeda. 

  • Pemeriksaan Kadar Hemoglobin (Hb) Metode Cyanmethemoglobin (Drabkin's)

Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)
Spektrofotometer | http://alatalatlab.wordpress.com/

Pemeriksaan hemoglobin (Hb) dengan metode cyanmethemoglobin ini saat ini sudah menjadi bagian pemeriksaan hematologi yang paling sering digunakan oleh berbagai klinik dan RS. Pemeriksaan hemoglobin metode cyanmethemoglobin masih memiliki kekurangan karena reagen Drabkins merupakan cairan toksik dan berbahaya bagi kesehatan. 

Prosedur pemeriksaanya, Siapkan spesimen yang sudah ditambah EDTA. Darah dipipet dan dicampurkan ke dalam tabung yang sudah di isi reagen Drabkins. Perubahan warna yang terjadi di baca pada spektrofotometer. 

  • Pemeriksaan Kadar Hemoglobin (Hb) Metode Cyanmethemoglobin pada Hematology Autoanalyzer

Macam-Macam Pemeriksaan Hemoglobin (Hb)
Hematologi Autoanalyzer | http://www.medicalexpo.com/

Pemeriksaan hemoglobin (Hb) dengan metode cyanmethemoglobin pada alat canggih seperti hematology analyzer saat ini merupakan pemeriksaan yang paling banyak dan sering di minta di Rumah Sakit. Alat hematology Analyzer memiliki harga yang sangat mahal, namun untuk proses pemeriksaan sangat cepat dan mudah dilakukan. 

Prosedur pemeriksaanya, Spesimen pada tabung vakum berisi EDTA. Homogenkan tabung, dekatkan dan masukan tabung pada jarum penyedot sampel darah kemudian tekan tombol untuk menyedot sampel darah. Darah secara otomatis akan dipisah dan dilakukan penghitungan seperti analisa Hb, indeks Eritrosit, indeks Leukosit. 

Sumber : 

Related Posts

Posting Komentar